Selasa

Khasiat Bawang Putih dari Penyakit Kanker dan Jantung

Bawang putih saat ini mulai diteliti kembali oleh para ahli, dan ternyata bukti terbaru menyatakan bawang putih berkhasiat melawan kanker dan penyakit jantung. Dr. Richard Rivlin, dari new York-Presbyterian Hospital/Weill Cornell Medical Center.

Catatan kesehatan dari
China, India, Egypt, Greece dan Italy telah lama memanfaatkan bawang putih sebagai obat, Dr. Rivlin menjelaskan. Mereka mengatakan bahwa bawang putih mampu memberikan kekuatan tenaga dan memulihkan kesehatan fisik seseorang. Hippocrates pun mengakui keunggulan bawang putih sebagai salah satu komponen obat.

Rivlin yakin suatu saat bawang putih dapat digunakan sebagai makanan untuk mencegah berbagai penyakit yang akan timbul ataupun sebagai obat terapeutik. Rivlin juga menyebutkan bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat pelengkap, bukan merupakan obat alternatif.


Hasil penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of Nutrition menyebutkan khasiat dari bawang putih adalah sebagai berikut:


- Selenium, suatu komponen yang terkandung di dalam bawang putih, sangat bermanfaat sebagai obat anti kanker.

- Bawang putih membantu kerja statin untuk menghancurkan sumbatan lemak pada pasien penderita jantung koroner.

- Bawang putih berpotensi menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan sebagai anti oksidan. Selain itu juga membantu memperkecil kadar homosistein, yang merupakan asam amino sebagai pertanda adanya penyakit jantung koroner.

- Bawang putih berkhasiat sebagai "inhibit platelet aggregation" yang sangat mempengaruhi terjadinya penyakit kardiovaskuler dengan menekan kerja dari kalsium.

- Bawang putih dapat menekan terjadinya lesi prakanker di lambung.

- Bawang putih dapat menekan pertumbuhan lesi pra-kanker di usus besar.


Share
|




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar