Selasa

MEMAHAMI CARA KERJA PIKIRAN

Kita memiliki dua jenis pikiran yang sebenarnya merupakan satu kesatuan. Untuk mudahnya, Kita membaginya menjadi pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Kedua pikiran ini saling berkomunikasi dan bekerja dalam waktu bersamaan, secara paralel.


Pikiran sadar mempunyai empat fungsi utama, Yaitu :


1. mengidentifikasi informasi yang masuk

Informasi diterima melalui panca indra-penglihatan, pendangaran, penciuman, pengacap, dan sentuhan atau perasaan.


2. membandingkan

Informasi yang masuk dibandingkan dengan database (referensi,pengalaman,dan segala informasi) yang berada dalam pikiran bawah sadar.
3. menganalisis

Memeriksa informasi yang masuk dengan membagi informasi itu menjadi komponen yang lebih kecil agar dapat diperiksa dengan seksama.


4. memutuskan

memutuskan respon atau tindakan yang akan diambil terhadap informasi yang telah masuk.


Pikiran sadar terletak dibagian korteks otak. Pada usia sekitar 3 tahun, pikiran sadar seorang anak mulai aktif. Pikiran sadar ini adalah bagian otak yang digunakan untuk berpikir atau logika dan hanya mewakili 10% dari kemampuan otak manusia.

Saat pikiran sadar terbentuk dan berkembang, kita menciptakan suatu pintu pembatas antara pikiran sadar dan bawah sadar. Pintu gerbang ini dapat terbuka bila pikiran sadar dibuat sibuk, fokus memperhatikan sesuatu, larut dalam suatu cerita, asyik nonton TV atau film, atau dengan menggunakan dengan hipnosis.

Pikiran bawah sadar terbentuk sejak dalam kandungan. Pikiran bawah sadar kita terletak di bagian otak yang disebut medulla oblongata. Sejak lahir hingga usia tiga tahun, apapun yang terjadi di sekitar kita, baik itu hal positif maupun negatif, seperti gambar, kata-kata, tindakan, nada, frekuensi suara manusia,akan langsung diserap dan masuk kepikiran bawah sadar. Kemampuan pikiran bawah sadar dalam menyerap informasi sama seperti kemampuan spons menyerap air. Pengalaman yang paling berkesan-yang mempunyai komponen emosi yang tinggi atau intens-akan menjadi informasi yang terekam dengan sangat kuat dalam pikiran bawah sadar.


Kebanyakan orang terpogram dengan kombinasi emosi positif dan negatif. Emosi negatif dapat membawa akibatburuk saat anak menjadi orang dewasa karena emosi ini akan selalu menghantui dan mempengaruhi sikap dan perilakunya. Contoh emosi negatif adalah trauma yang terjadi saat anak masih kecil akibat perceraian oran tua, perasaan sebagai orang gagal, atau merasa diri tidak berharga. Emosinegatif dapat dihilangkan dengan bantuan hipnoterapi atau prosedur terapi bawah sadar.


Emosi positif , jika terpogram di pikiran bawah sadar, akan membuat orang lebih menikmati hidup, bersikap lebih positif dan percaya diri, dan lebih mudahmencapai sukses.


Pikiran bawah sadar mempunyai fungsi/menyimpan hal-hal berikut:


1. Kebiasaan (baik, buruk, dan refleks)

. Kebiasaan baik adalah kebiasaan yang popsitif dan produktif.

. Kebiasaan buruk adalah kebiasaan negatif dan destruktif, seperti merokok,

makan berlebihan, dll.

. Kebiasaan refleks misalnya secara otomatis menutup pintu setelah membukanya, menutup mulut saat batuk atau bersin.


2. Emosi

Bagaimana perasaan kita mengenai suatu keadaan, hal-hal tertentu, dan terhadap orang lain.


3. Memori jangka panjang

. Memori jangka panjang adalah tempat penyimpanan informasi yang bersifat

permanen.

. Ada memori yang tidak dapat diingat dalam kondisi sadar, namun dapat

dimunculkan kembali dengan bantuan hipnotis.


4. Kepribadian

Kepribadian adalah karakteristik individual yang membuat kita berhubungan dengan orang lain dan lingkungan yang kita jumpai sehari-hari.


5. Intuisi

. Intuisi adalah perasaan mengetahui sesuatu secara intensif.

. Berhubungan dengan spiritual dan/atau metafisik.


6. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan kita untuk mengubah visi, pemikiran, dan impian menjadi kenyataan.


7. Persepsi

Persepsi adalah bagaimana kita melihat dunia menurut "kaca mata" kita.


8. Believe dan Value

Believe atau kepercayaan adalah segala sesuatu yang kita yakini sebagai hal yang besar. Sedangkan Value atau nilai adalah segala sesuatu yang kita pandang sebagai hal yang paling penting.


Pikiran sadar dan bawah sadar berkomunikasi satu dengan yang lain dengan atau tanpa kita sadari. Pikiran sadar, misalnya, mengirim berita ke pikiran bawah sadar bahwa kita ingin menggerakan otot lengan dan tangan untuk membalik halaman buku yang sedang kita baca. Begitu pikiran sadar berpikir maka otot-otot yang sesuai segera bergerak untuk menjalankan perintah itu.


Otot yang aktif dan koordinasi gerakan, semuanya di kendalikan oleh pikiran bawah sadar. Kesannya sangat mudah karena programnya tersimpan dipikiran bawah sadar sebagai hasil latihan sejak kecil. Pikiran bawah sadar bekerja sesuai dengan perintah pikiran sadar. Namun, pikiran bawah sadar kadang-kadang terlihat seperti tidak sejalan dengan pikiran sadar. Terutama bila pikiran sadar memerintah pikiran bawah sadar untuk melakukan perubahan mendadak,terutama saat kita mencoba mengubah perilaku, kepercayaan, atau sikap kita. Itu semua dikarenakan program yang telah tertananam dalam pikiran bawah sadar membutuhkan waktu untuk bisa di-uninstall, sebelum kita meng-install program baru.


Share
|




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar