Kamis

Deteksi Penyakit dari KUKU

Coba lihat kukumu, apakah terlihat bersih dan terlihat sehat? Ternyata penyakit bisa dideteksi dari perubahan warna atau bentuk dari kukumu. Kuku adalah salah satu radar atau alat bantu bagi dokter untuk mengetahui kondisi pasiennya. Apa aja memang tanda-tandanya?

1. Kuku Kebiruan

Kalau pangkal kukumu kebiruan, ini menandakan kurang baiknya sirkulasi darah yang menjadi gejala penyakit jantung. Ini juga menandakan tubuh nggak mendapat oksigen yang cukup. Bisa diindikasikan adanya infeksi paru-paru seperti pneumonia. Sedikit kebiruan di ujung bawah juga bisa menandakan diabetes.

2. Kuku Kuning

 
Ini menandakan adanya infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi juga membuat kuku tumbuh nggak sehat, menebal, dan rapuh. Kuku yang menguning juga merupakan indikasi penyakit yang lebih serius seperti tiroid parah, paru-paru, diabetes dan psoriasis.


3. Kuku bengkak dan terlipat

 
Kalau Anda menemukan kulit di sekitar kukumu terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan dan menunjukkan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat. Lengkungan berlebihan pada pangkal dan sekitar ujung kuku juga menandakan gejala TBC, emfisema (gangguan paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau penyakit hati.


4. Garis Hitam
Kalau kamu menemukan garis hitam di kukumu, segera periksakan ke dokter karena ini bisa terkait dengan gejala melanoma atau biasa dikenal sebagai kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.


5. Kuku Pucat

 
Kuku pucat kadang terkait dengan penuaan. Cuman masalahnya ada pula 4 penyakit serius yang terkait dengan warna kuku ini, yakni anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau gizi buruk.


6. Kuku Kasar

 
Kalau kamu melihat banyak kerutan pada kukumu dan berbunyi ketika diadu merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecoklatan. Kerutan horizontal dan warna kuku yang kusam menandakan kurang gizi atau gejala campak, cacar air, gondok, dan jantung serta kondisi seperti syndrome Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan).


7. Kuku Putih

 
Kuku yang berwarna putih dan memiliki ujung atas berwarna gelap menandakan ada masalah pada hati atau hepatitis.


8. Kuku Coklat

 
Kalau kukumu berwarna coklat atau merah muda sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala gagal ginjal kronis.


9. Kuku Lambat Tumbuh

 
Lambatnya pertumbuhan kuku, tampak tebal dan mengeras serta kekuningan menandakan gangguan kelenjar getah bening atau penyakit pencernaan kronis.
10. Kuku Berbintik

 
Kalau kuku mendapati bintik-bintik nggak beraturan pada kuku, ini bisa jadi menandakan kamu terjangkit psoriasis atau penyakit kulit kronis.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar